Posted by: JakartaTraveller.com | August 16, 2008

Bagaimana kita berjilbab….?

Bagaimana kita berjilbab….?

Posted by evviffgreat under ruAng MuslimAh
[3] Comments

Berjilbab adalah perintah dari Allah SWT untuk para muslimah, agar ia berbeda dari yang lain, karena jilbab adalah identitas wanita muslim.

Fenomena saat ini wanita-wanita muslimah yang berpakaian meniru pakaian wanita kafir telah menjadi trend dan model yang terus digalakkan agar wanita muslimah merasa ‘kikuk’ dan malu ketika harus berjilbab lebar dari atas kepala hingga ke mata kaki. Banyak wanita muslimah lebih memilih berpakaian modis dan trendy karena takut dikatakan ‘ketinggalan zaman.

Sehingga tak heran bila ada yang berjilbab tapi ternyata belumlah sempurna menutup aurat, malah semakin jauh dari syarat yang ditetapkan islam. Berjilbab dengan tetap dibalut pakaian ketat yang menampakkan lekuk tubuh . Yang jadi masalah adalah apakah memang pakaian yang seperti ini dibenarkan??

Agar kita tidak jatuh dalam kesalahan dan ‘latah’ dengan mengikuti kebanyakan orang maka ada baiknya kita mengkaji satu hadits berikut ini supaya pemahaman kita tentang jilbab yang modis dan trendy itu menjadi jelas hukumnya. Haditsnya berbunyi sebagai berikut: ”Ada 2 kelompok penghuni neraka dari ummatku tetapi aku belum pernah melihat keduanya yaitu : wanita-wanita yang berpakaian tetapi telanjang, genit, kepalanya seperti punuk unta yang miring, mereka tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium baunya.Juga sekelompok laki-laki yang membawa cemeti seperti ekor sapi, yang mereka gunakan untuk memukuli hamba-hamba Allah” (HR.Muslim) Hadits ini dikeluarkan oleh: Shahih rnMuslim juz: VIII/155, Imam Ahmad juz II/440, dan Ash-Shahihah oleh Syaikh Al-Bani rnno:1326.

Dalam hadis diatas,… disebutkan ..” wanita yang berpakaian tetapi telanjang….”, maksudnya adalah mereka yang berpakaian tepai lekuk dan keindahan tubuh mereka tetap terlihat.

Lalu bagaimana seharusnya……

Sesuai dengan fungsinya jilbab dan busana muslimah itu untuk melindungi, karena itu jilbab dan busana muslimah yang kita kenakan juga harus memenuhi syarat berikut :

  • Menutup aurat dengan benar

  • JIlbab atau kerudung itu menutupi dada

  • Terbuat dari bahan yang tidak transparan, atau ‘jatuh’ di badan , sehingga memperlihatkan bagian tubuh kita.

  • LOnggar dan tidak ketat–> tidak membentuk lekuk tubuh wanita

  • Tidak menyerupai pakaian laki laki atau wanita non muslim

  • Warnanya tidak mencolok agar tidak menarik perhatian

Mengenakan busana muslimah dan berjilbab yang benar itu sebenarnya gampang gampang susah…. semua kembali kepada kita masing masing,… mau memilih yang mana , karena pahala dan dosa itu bedanya tipis.

Semoga artikelnya bermanfaat dan tentunya hal ini akan menjadi cambuk bagi saya pribadi.

Untuk mereka yang telah berjuang dan berdakwah melalui jilbabnya,… Semoga Istiqomah…. dan kebaikan selalu menyertai kita semua.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: