Posted by: JakartaTraveller.com | August 16, 2008

Tentang JILBAB

Tentang JILBAB

Posted by evviffgreat under ruAng MuslimAh

Kalau ingat jaman kecil saya dulu ( pas saya SD ) jilbab itu masing barang aneh. Wanita muslim yang memakai jilbab juga bisa dihitung jari. Biasanya mereka hanya memakai kain untuk menutupi rambutnya, atau selendang saja. Saat itu mereka yang memakai jilbab dengan rapi memang terkesan aneh dan mungkin hanya kalangan tertentu saja , misalnya istrinya pak ustadz.

Kenapa bisa begitu…?

Pada waktu itu bisa jadi memang pemahaman di masyarakat tentang kewajiban memakai jilbab bagi muslimah belum terlalu baik di masyarakat, apalagi dengan sulitnya birokrasi pemerintahan pada masa itu. Banyak kasus tentang di mana muslimah berjilbab tidak bisa masuk ke sekolah sekolah tertentu,… dll.

Tapi itu dulu,…. tentunya berbeda dengan sekarang, saat ini jilbab sudah bukan sesuatu yang asing di mata masyarakat, dimana mana kita pasti bisa dengan mudah menemui muslimah yang berjilbab. Bahkan jilbab saat ini sudah menjadi mode tersendiri.

Di dalam Al Quran yang mulia, Allah telah berfirman :

QS. An-Nuur:31

”……dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dalam dadanya, dan janganlah menampakan perhiasanya….”

QS. Al-Ahzab : 59

“Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mu’min: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Dari dua ayat tersebut diatas di jelaskan bahwa Allah SWT telah memerintahkan kepada para muslimah untuk berjilbab serta mengenakan busana muslimah yang baik dan benar.

Bagi seorang muslimah, busana muslimah dan jilbab yang dikenakannya merupakan cerminan kepribadian muslimah, yang akan menampakkan keindahan dan kebaikan kepribadian wanita muslimah yang senantiasa menjaga kehormatan diri dan agamanya.

Jilbab mempunyai nilai arti yang besar bagi seorang muslimah .Jilbab merupakan suatu simbol dan bukti keimanan dan ketaatan kepada Allah SWT. Jilbab tidak hanya mempunyai dimensi benda benda saja, namun mempunyai dimensi gerak, yakni sebagai proses melaksanakan perintah perintah Allah SWT.

Ada beberapa fungsi jilbab bagi seorang muslimah :

  • Melindungi diri dari fitnah. Sudah menjadi kenyataan bahwa daya tarik perempuan bagi laki laki merupakan tipu daya tak bisa dianggap enteng. Sudah menjadi sunnatullah wanita memang menarik , tapi bukan berarti ia hidup untuk menarik perhatian lawan jenis.Tetapi wanita muslim hidup hanya untuk Allah SWT yakni Tuhannya, dengan cara menjalankan keinginan Tuhannya, yang membuat dirinya jauh dari fitnah . Allah memerintah muslimah untuk menutup auratnya ( Jilbab ), demi kebaikan hidup muslimah sendiri.

  • Mengangkat derajat dirinya di mata Allah . Dengan berjilbab, seorang muslimah akan senantiasa meluruskan niat dan menjaga prilaku agar dalam koridor penghambaan diri kepada Allah, bukan kepada mahluk-Nya. Berjilbab baginya adalah ibadah, apabila ibadahnya ingin diterima oleh Allah , maka ia akan berusaha berjilbab yang sesuai dengan ketentuan ketentuan Allah semata.

  • Berkontribusi untuk menciptkan lingkungan sehat. Dengan berjilbab, ada suatu keinginan untuk memperbaiki diri terus- menerus ,dan menggali AL-Islam lebih mendalam. Sikap ini akan membangun keinginan dirinya untuk menjadi suri tauladan bagi lingkungan yang tidak Islami.

  • Sebagai perisai dari perbuatan tercela

Jadi,Nilai dan Fungsi jilbab seorang muslimah akan menentukan bagaimana dia berpenampilan dan berprilaku di kehidupannya. Apabila seorang muslimah berjilbab benar dalam bernilai dan berfungsi Islam , maka akan nampak kemulyaan yang terkandung di dalam kehidupannya.

Wallahu alam bishowab


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: