Posted by: JakartaTraveller.com | January 12, 2009

Istalasi Virtual BOx di Ubuntu

Pasti anda pernah mendengar Virtual Machine yang dibuat oleh VMware. Dengan VMware kita dapat menjalankan beberapa Operating System didalam satu komputer. Proses instalasi VMware juga tidak terlalu rumit jika anda menggunakan windows OS, dan jika anda menggunakan ubuntu linux agak sedikit berbeda tahapan instalasinya. Tetapi untuk menggunakan VMware secara legal kita harus merogoh kocek yang tidak sedikit.

Kini anda tidak perlu khawatir karena telah ada virtual machine open source yang dapat kita gunakan secara gratis dan legal. Jika anda pengguna windows (legal tentunya), dan bagi pengguna ubuntu linux (sudah pasti legal) solusi berikut bisa menjadi pilihan untuk mempermudah proses komputasi anda.

Virtual Box yang dikembangkan oleh Innotek merupakan emulator PC yang berjalan pada flatform windows dan Linux. Saya tidak akan membahas secara detail untuk instalasi di flatform Windows, karena saya yakin dengan memejamkan mata anda dapat melakukannya -D, karena saya pengguna Ubuntu Linux pemula izinkan saya berbagi pengalaman didalam menggunakan Virtual Box di box Ubuntu kesayangan saya, nyengir lagi ah -D.

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah, pastikan anda menggunakan Ubuntu Linux yang sudah siap di komputer anda, jika anda masih menggunakan windows, tolong itu di install ubuntu linux dulu agar dapat mencoba guide ini.

Download paket Virtual Box untuk Ubuntu 6.10 Edgy Eft. Jika download sudah selesai maka langkah berikutnya anda harus menginstal library agar dapat menginstal virtual box. Kedua library tersebut adalah “libxalan 110″.

Saya menggunakan ubuntu terminal untuk melakukan proses instalasi library tersebut, dan repository yang saya gunakan adalah repository kambing.vlsm.org. Berikut perintahnya dan screenshootnya.

sudo apt-get install libxalan110

Jika proses instalasi libxalan110 sudah selesai dan berhasil maka berikutnya anda sudah dapat melakukan instalasi virtual box.

Untuk melakukan proses instalasi virtual box saya tidak menggunakan modus terminal, melainkan menggunakan modus GUI menggunakan GDebi Package Installer yang sudah terinstal bersama Ubuntu Edgy. Klik 2 X (dua kali) file virtual box yang telah anda download (VirtualBox_1.3.2_Ubuntu_Edgy_x86.deb), perhatikan screenshoot berikut :

Klik Install Package

Biarkan GDebi Package Installer melakukan proses instalasi secara otomatis

Jangan diapa-apain dulu yah

Sedikit lagi selesai kok

Benerkan apa saya bilang, sudah selesai -D

Jika anda sudah melihat screenshoot tersebut berarti proses instalasi sudah selesai, maka tombol close boleh anda klik.

Untuk melihat shortcut virtual box dapat anda lihat pada menu utama ubuntu, jika belum ada maka anda harus mengkonfigurasinya dari System –> Preferences –> Menu Layout.

Kemudian pada bagian “Menus” anda klik System Tools seperti pada gambar diatas. Pada bagian items ada satu item baru dengan nama “InnoTek VirtualBox”.

Agar dapat ditampilkan pada menu utama ubuntu linux anda maka anda klik “Applications” pada bagian “Menus” kemudian centang pada bagian “System Tools”, seperti gambar berikut :

Tampilan muka Virtual Box ketika dijalankan

Selamat mencoba tahapan instalasi terlebih dulu. Berikutnya saya akan berbagi pengalaman bagaimana menggunakan Virtual Box untuk menginstall OS lain didalam Ubuntu


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: