Posted by: JakartaTraveller.com | April 29, 2009

Cara menghidupkan login otomatis pada Windows XP

Penting Artikel ini berisi informasi tentang pengubahan registri. Sebelum Anda mengubah registri, pastikan untuk membuat cadangannya dan pastikan Anda mengerti cara memulihkan registri jika muncul masalah. Untuk informasi tentang cara membuat cadangan, memulihkan, dan mengedit registri, klik nomor artikel berikut untuk melihat artikel pada Basis Pengetahuan Microsoft:

256986 (http://support.microsoft.com/kb/256986/ ) Penjelasan tentang Registri Microsoft Windows (Artikel ini mungkin berisi link ke konten berbahasa Inggris (belum diterjemahkan)).

Artikel ini menjelaskan cara mengkonfigurasi Microsoft Windows XP untuk mengoto…

Artikel ini menjelaskan cara mengkonfigurasi Microsoft Windows XP untuk mengotomatiskan proses logon dengan menyimpan sandi Anda dan informasi terkait lainnya di database registri. Fitur ini membuat pengguna dapat menghidupkan komputer Anda dan kemudian menggunakan account yang telah dibuat untuk logon secara otomatis.

Penting Jika Anda menghidupkan autologon, maka penggunaan Windows XP akan menjadi lebih nyaman. Namun, menggunakan fitur ini rawan masalah keamanan.

INFORMASI LEBIH LANJUT

Peringatan Jika Anda menggunakan Editor Registri dengan tidak tepat, dapat menye…

Peringatan Jika Anda menggunakan Editor Registri dengan tidak tepat, dapat menyebabkan masalah serius yang mengharuskan Anda menginstal kembali sistem operasional Anda. Microsoft tidak menjamin bahwa Anda dapat menyelesaikan masalah yang merupakan akibat dari penggunaan Editor Registri secara tidak tepat. Jika Anda menggunakan Editor Registri, maka resiko Anda tanggung sendiri.Jika Anda mengatur komputer untuk logon otomatis, setiap orang yang bisa mengakses secara fisik ke komputer juga dapat mengakses ke mana saja di komputer itu, termasuk jaringan mana pun yang berhubungan dengan komputer itu. Lebih lanjut, jika Anda menghidupkan logon otomatis, sandi akan disimpan pada registri dalam bentuk teks sederhana. Kunci registri khusus yang menyimpan nilai ini dapat dibaca dari jauh oleh kelompok Pengguna yang Diotentikasi. Oleh karena itu, gunakan pengaturan ini hanya jika komputer aman secara fisik dan jika Anda yakin bahwa pengguna yang tidak Anda percayai tidak dapat melihat registri dari jauh.

Anda dapat menggunakan Editor Registri untuk menambah informasi logon. Untuk melakukan hal ini, ikuti langkah-langkah ini: Klik Mulai, klik Jalankan, ketik regedit, kemudian klik OK.

Cari kunci registri berikut ini:

  1. HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\WindowsNT\CurrentVersion\Winlogon
  2. Dengan menggunakan nama dan sandi account Anda, klik dua kali entri DefaultUserName, ketik nama pengguna Anda, kemudian klik OK.
  3. Klik dua kali entri DefaultPassword, ketik sandi Anda di bawah kotak data nilai, kemudian klik OK.Jika tidak terdapat nilai DefaultPassword, maka buatlah nilai. Untuk melakukan hal ini, ikuti langkah-langkah ini:
  4. Pada Editor Registri, klik Edit, klik Baru, kemudian klik Nilai String.
  5. Ketik DefaultPassword sebagai nama nilai, kemudian tekan ENTER.
  6. Klik dua kali kunci yang baru dibuat, kemudian ketik sandi Anda di kotak Data Nilai.
  7. Jika tidak terdapat string DefaultPassword yang ditetapkan, Windows XP akan secara otomatis mengubah nilai AutoAdminLogon kunci registri dari 1 (benar) ke 0
  8. (salah) untuk mematikan fitur AutoAdminLogon.
  9. Klik dua kali entri AutoAdminLogon, ketik 1 pada kotak Data Nilai, kemudian klik OK.Jika tidak terdapat entri AutoAdminLogon, buatlah entri. Untuk melakukan hal ini, ikuti langkah-langkah ini:
  10. Pada Editor Registri, klik Edit, klik Baru, kemudian klik Nilai String.
  11. Ketik AutoAdminLogon sebagai nama nilai, kemudian tekan ENTER.
  12. Klik dua kali kunci yang baru dibuat, kemudian ketik 1 pada kotak Data Nilai.
  13. Keluar dari Editor Registri.
  14. Klik Mulai, klik Mulai Ulang, kemudian klik OK.

Setelah me-restart komputer Anda dan Windows XP dijalankan, Anda dapat logon secara otomatis.

Jika Anda ingin menghindari logon otomatis sebagai pengguna berbeda, tahan tombol SHIFT setelah Anda logoff atau setelah Windows XP me-restart. Perlu dicatat bahwa prosedur ini hanya berlaku untuk logon pertama saja. Untuk menjalankan pengaturan ini terhadap logoff di masa mendatang, administrator harus menetapkan kunci registri berikut ini:

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\WindowsNT\CurrentVersion\Winlogon

    Nilai:ForceAutoLogon
    Jenis: REG_SZ
    Data: 1

    Anda juga dapat mengaktifkan logon otomatis tanpa mengedit registri pada Microsoft Windows XP Home Edition dan pada Microsoft Windows XP Professional di komputer Anda yang tidak bergabung dengan sebuah domain. Untuk melakukan hal ini, ikuti langkah-langkah ini:

    1. Klik Mulai, kemudian klik Jalankan.
    2. Pada kotak Buka, ketik control userpasswords2, kemudian klik OK.Catatan Pada saat pengguna mencoba menampilkan informasi bantuan pada jendela Account Pengguna pada Windows XP Home Edition, informasi bantuan tidak muncul. Lebih lanjut, pengguna akan menerima pesan kesalahan berikut ini:
      Tidak dapat menemukan Drive:\Windows\System32\users.hlp Berkas Bantuan. Periksalah untuk melihat apakah berkas tersebut ada di pengandar perangkat keras Anda. Jika tidak ada, Anda harus menginstal kembali.
    3. Kosongkan kotak centang “Pengguna harus memasukkan nama pengguna dan sandi untuk menggunakan komputer ini”, kemudian klik Terapkan.
    4. Pada jendela Logon Otomatis, ketik sandi pada kotak Sandi, kemudian ketik kembali sandi tersebut pada kotak Konfirmasi Sandi.
    5. Klik OK untuk menutup jendela Logon Otomatis, kemudian klik OK untuk menutup jendela Account Pengguna.

    Berlaku bagi:
    • Microsoft Windows XP Home Edition
    • Microsoft Windows XP Professional
    • Microsoft Windows XP Professional x64 Edition

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s

    Categories

    %d bloggers like this: